Tuesday, February 19, 2013

Langkah 1 Penerapan SMK3 OHSAS 18001

Posted by Redaksi K3 Indonesia at 3:00 PM
Program OHSAS 18001 hendaknya diberlakukan sebagai suatu proyek, bukan hanya sekedar sambilan. Sebagai suatu proyek harus jelas rencana pelaksanaan serta didukung oleh sumber daya yang diperlukan. Untuk itu, tim ini harus memiliki koordinator atau proyek manajer dalam hal ini disebut Manajemen Representative (MR) yang sekaligus sebagai wakil dari manajemen dalam yang berkaitan dengan pelaksanaan program SMK3 OHSAS 18001. Dalam klausul 4.4.1 disebutkan bahwa perusahaan harus menunjuk salah seorang dari manajemen puncak (direksi) dengan tanggung jawab khusus untuk memastikan bahwa implementasi SMK3 berjalan dengan baik. Untuk itu MR seharusnya dipilih dari level manajemen yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan SMK3, misalnya fugsi operasi, produksi, sesuai dengan struktur organisasi yang berlaku dalam perusahaan. Yang bersangkutan diharapkan akan memiliki akses dan tanggung jawab dalam pelaksanaan K3 diperusahaan.

Semua anggota team teramsuk MR harus mendapatkan pelatihan mengenai OHSAS 18001 sehingga diharapkan telah memimiliki pengetahuan dan wawasan serta pengertian yang sama tentang OHSAS 18001 sehingga akan mempermudah pekerjaan dan pelaksanaannya. Semua yang berkaitan dengan perencanaan, pelatihan, program dan lain sebagainya harus dikomunikasikan dengan baik kepada semua stakeholder untukmendapatkan dukungan dan keterlibatan mereka.

Tim implementasi SMK3 ini harus mengadakan pertemua berkala untuk menyusun langkah-langkah dan memantau hasil implementasi sekaligus melakukan perbaikan atau koreksi jika ada hal-hal yang menyimpang dari rencana. Waktu yang dibutuhkan untuk implementasi OHSAS 18001 sangat tergantung pada aktivitas tim serta teknik implementasinya.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam pembentukan TIM:
  1. Libatkan semua pihak dalam program ini. Tanpa dukungan semua unsur dalam perusahaan maka implementasi OHSAS 18001 sulit akan berhasil.
  2. Yakinkan adanya komitmen penuh dari manajemen, karena tanpa adanya komitmen manajemen, implementasi ini tidak akan berjalan dengan baik.
  3. Tunjuk seorang MR yang memiliki dedikasi tinggi, komitmen serta mendukung penuh program K3 dalam perusahaan.
  4. Implementasikan semua prosedur yang telah dibuat untuk uji coba.
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Langkah 1 Penerapan SMK3 OHSAS 18001
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Redaksi K3 Indonesia
Semoga informasi Langkah 1 Penerapan SMK3 OHSAS 18001 bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

0 comments :

Silahkan memberikan komentar di bawah ini:

 

Translate